Jumat, 10 Mei 2013

Mei Terjadi Gerhana Matahari


Jum'at 10 Mei 2013 terjadi Fenomena Gerhana Matahari Sebagian (GMS) yang di amati dengan menggunakan teleskop di Taman pintar Yogyakarta. Gerhana tersebut dapat diamati dari kawasan Samudra Pasifik termasuk sebagian besar wilayah Indonesia tapi di Indonesia hanya mengalami Gerhana Matahari Sebagian.


Menurut Thomas Djamaluddin, Peneliti Astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional . "Di Indonesia bagian Timur bisa diamati dari awal hingga akhir,".Puncak gerhana matahari diperkirakan terjadi pada pukul 07.52 WIT.


Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis. Bila bulan berada tepat diantara matahari dan bumi, bulan akan menghalangi cahaya matahari yang menuju beberapa daerah di permukaan bumi.
Dalam fenomena Gerhana Matahari dikenal tiga macam gerhana matahari, Gerhana Matahari Total (GMT) ketika bulan menutupi seluruh bagian matahari, Gerhana Matahari Cincin (GMC) ketika bulan menutupi permukaan matahari namun tidak penuh sehinggga matahari akan terlihat seperti cincin, Gerhana Matahari Sebagian (GMS) ketika hanya sebagian dari permukaan matahari yang tertutupi bulan. 


Pada Jumat 10 Mei 2013 Gerhana Matahari Cincin akan terjadi di Wilayah Pasifik dan Autralia. Sedangkan wilayah Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Gerhana matahari sebagian dapat disaksikan penduduk Indonesia sekitar 20 - 60 persen.

Gerhana matahari sebagian ini dapat disaksikan penduduk wilayah Indonesia Timur lebih lama. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia timur dekat dengan daerah puncak gerhana (wilayah Pasifik). Sedangkan Indonesia bagian barat masih bisa menyaksikannya namun hanya pada proses tengah hingga akhir gerhana.

Wilayah Indonesia Timur tepatnya Papua dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian sebesar 60 persen. Wilayah Indonesia Tengah seperti Bali, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi dapat menyaksikan gerhana 40 - 50 persen.Sedangkan wilayah Indonesia seperti Sumatera bagian utara tidak akan dapat menikmati fenomena gerhana matahari karena pada saat matahari terbit di Sumatera bagian utara gerhana sudah berakhir.

Djamaluddin mengatakan penduduk Jakarta dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian pada pukul 05.53-06.25 WIB. Penduduk Makassar dan sekitarnya dapat menyaksikan sejak matahari terbit hingga 07.37 WITA. Penduduk Papua dan sekitarnya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian selama kurang lebih 2 jam sejak pukul 06.37 - 09.22 WIT
.



   


 Sumber : Tempo dan Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar